wp_20161016_025

Berkah Dalem = Berkat Tuhan?

Suatu hal yang tidak asing bagi kita manakala mengunjungi tanah Jawa, dan berjumpa dengan kerabat atau masuk dalam komunitas Katolik, mendengar frasa “Berkah Dalem”. Sebagian dari kita mungkin tidak mengetahui arti frasa itu, dan sebagian lagi menganggap itu sama artinya dengan “Berkat Tuhan”, “Damai Tuhan”. Sebetulnya, apa sih makna dari ungkapan “Berkah Dalem” itu?

Kata “Berkah” sendiri dapat diartikan sebagai suatu karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan, atau dalam singkatnya sama dengan Berkat. Kata ini biasanya digunakan seseorang ketika mendapatkan suatu hal baik yang diluar dugaan atau yang dimpi-impikan. Oke, sepertinya untuk kata ini tidaklah begitu susah dalam pemahaman kita.
Sekarang kata “Dalem”, kata ini unik, karena kata ini dapat memiliki 3 (tiga) makna. “Dalem” dapat berarti tempat tinggal; jika rumah (bangunannya) disebut dengan ‘Griya’. Kemudian makna kedua juga dapat berarti “aku”, hal ini biasanya diucapkan ketika berhadapan dengan orang yang memiliki strata lebih tinggi, baik kedudukan maupun gelar bangsawan. Sedangkan makna ketiga, berarti “Allah yang tinggal didalam aku”, makna ini cukup sulit dicerna.

“Dalem” dimakna pertama dan kedua mungkin sudah sering kita jumpai, namun untuk makna ketiga sangat jarang kita jumpai, kecuali jika kita berada di dekat kerajaan Jawa. Pada Kerajaan-Kerajaan Jawa, pegawai Kerajaan sering menyebut dirinya bukanlah pegawai, tetapi “Abdi Dalem”, kata “Dalem” disini biasanya kita mengartikan merujuk ke sosok Raja sebagai manusia, namun sejatinya kata tersebut merujuk pada “Allah yang senantiasa hadir pada diri mereka dan memberi berkat kehidupan pada mereka”. Raja sendiri dalam kerajaan Jawa juga disebut sebagai utusan Allah (hal ini dapat dilihat dari sejarah Kerajaan Mataram).

Okey, jadi kita dapat menyimpulkan secara sederhana bahwa makna dari “Berkah Dalem” itu lebih dalam dari “Berkat Tuhan”, karena sesungguhnya frasa itu bermakna, “Karunia dari Allah yang senantiasa tinggal dalam diriku dan kamu”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s