Lectio Divina – Berdoa dan Membaca Kitab Suci

Kadang kala sewaktu membaca Kitab Suci, kita seringkali membaca sekilas dan asal mengerti atau paham akan apa yang di tulis pada Kitab Suci saja. Padahal Kitab Suci merupakan bacaan Ilahi, dimana tidaklah cukup dengan dimengerti, namun juga perlu adanya penghayatan dalam jiwa pembaca bahwa Allah benar-benar hadir melalui kehidupan sehari-hari dan seperti apa yang ditulis dalam Kitab Suci. Oleh karena itu, membaca Kitab Suci barulah langkah awal dan diperlukan langkah-langkah lanjutannya.

Dalam tradisi Gereja Katolik sendiri terdapat suatu kegiatan rohani yang disebut dengan Lectio Divina. “Lectio” berarti bacaan, sedangkan “Divina” berarti Ilahi. Bacaan ilahi/ rohani ini terutama diperoleh dari Kitab Suci. Maka, lectio divina adalah cara berdoa dengan membaca dan merenungkan Kitab Suci untuk mencapai persatuan dengan Tuhan Allah Tritunggal.

Lectio Divina

Sesungguhnya dalam melakukan Lectio Divina diperlukan 5 langkah, namun untuk langkah ke-5 dapat dilakukan beberapa waktu setelah melakukan 4 langkah sebelumnya. Adapun 4 langkah utama dalam Lectio Divina adalah sebagai berikut:

  1. Lectio (Membaca)
    • Pada langkah ini kita diajak untuk membaca dan meresapi akan isi dari Kitab Suci. Sebelum membaca diperlukan pembulatan niat dan tujuan terlebih dahulu, bahwa kita tidak membaca hanya untuk pengetahuan akan Kitab Suci namun kita membaca untuk perubahan dan perbaikan diri kita. Maka pada saat membaca diperlukan adanya suatu kesadaran bahwa ayat-ayat yang dibaca merupakan ayat-ayat yang ditujukan Tuhan untuk hidup kita saat itu.
    • Alangkah lebih baik lagi apabila lectio dilakukan berulang-ulang pada bacaan yang sama, sehingga kita benar-benar merasakan bahwa ayat tersebut ditujukan untuk kita.
  2. Meditatio (Merenungkan)
    • Setelah selesai membaca, langkah selanjutnya adalah merenungkan bacaan. Merenung disini dengan mengambil sikap hening dan mengulang kata-kata atau frasa dari bacaan tadi yang menarik bagi kita. Sikap ini dilakukan bukan dengan tujuan untuk menelaah teksnya secara intelektual namun untuk semakin menyerahkan diri kepada kuasa Ilahi. Rasakan pula bahwa melalui pengulangan kata atau frasa tersebut, Allah telah menyapa diri kita.
  3. Oratio (Berdoa)
    • Sesudah kita merasakan sapaan Allah kepada diri kita, maka disinilah saatnya kita berdoa sebagai tanggapan dari hati kita akan sapaan Allah. Maka dalam Lectio Divina ini, kita akan mengalami komunikasi 2 arah, yakni dengan mendengar sapaan Tuhan melalui kitab suci, dan kemudian kita menanggapinya dengan rasa syukur, pertobatan, ataupun pujian melalui berdoa.
  4. Contemplatio (Kontemplasi)
    • Melalui komunikasi 2 arah, berarti kita telah mampu merasakan interaksi dengan Allah. Kemudian kita diajak untuk diam dan merasakan kembali kehadiran Allah pada diri kita. Kehadiran ini bukan sebatas sapaan, akan tetapi merasuknya Allah dan bersatunya Dia dalam diri kita. Hal ini akan dapat kita rasakan melalui penyerahan dan pemberian kehendak kita kepada kehendak-Nya.

Apabila keempat langkah tersebut telah dijalankan, alangkah baiknya kita menambah satu tahapan lagi, yakni ACTION. Action atau aksi disini adalah saat dimana kita membuat keputusan dan tindakan nyata atas apa yang telah kita peroleh dari Lectio Divina tadi.

Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa Lectio Divina merupakan kegiatan berdoa dan membaca Kitab Suci, dengan 4 tahapan yang dapat dianalogikan sebagai berikut: Lectio adalah perkenalan dengan Allah, Meditatio merupakan pertemanan dengan Allah, Oratio menjalin persahabatan dengan Allah, dan Contemplatio ialah persatuan diri dengan Allah. Dan sesudah kita mampu bersatu, maka kita siap untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik.

-Ignaz-

referensi: http://katolisitas.org/2376/lectio-divina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s