Firman-Mu adalah Pelita Bagi Langkahku – Pengantar Bulan Kitab Suci 2013

Bapa Suci Benediktus XVI mencanangkan Tahun Iman yang dimulai pada tanggal 11 Oktober 2012 sampai dengan 24 November 2013. Dalam Surat Apostolik Porta Fidei Bapa Suci mengajak seluruh umat Katolik untuk menggali kembali dan menghayati kekayaan iman yang dimiliki oleh Gereja.

Selama bulan September 2013, yang selama ini ditetapkan sebagai Bulan Kitab Suci, kita akan mendalami bersama kekayaan iman tersebut lewat tokoh-tokoh Kitab Suci. Dua tokoh iman dari Perjanjian Lama yang akan kita dalami bersama adalah Abraham sebagai Bapa Umat Beriman dan Musa sebagai utusan Allah untuk membebaskan bangsa Israel dari Mesir. Dari Perjanjian Baru, kita akan mendalami bersama Bunda Maria sebagai tokoh iman yang unggul dan para rasul sebagai tokoh-tokoh iman yang telah berjuang mewartakan Injil sampai akhir hayat mereka.

Diharapkan renungan di dalam kelompok maupun secara pribadi tokoh-tokoh Kitab Suci tersebut membantu kita ksekalian untuk merayakan Tahun Iman dan mengambil manfaat dari kekayaan Iman Gereja Katolik.

Tema bulan Kitab Suci 2013 untuk Keuskupan Agung Semarang adalah “Firman-Mu adalah Pelita bagi Langkahku” (Mzm 119:105). Firman Tuhan menjadi pedoman kita untuk menghayati dan mendekatkan kita kepada Sang Sumber Iman, yaitu Allah dalam Yesus Kristus. Semoga Roh Kudus menuntun kita untuk memasuki Bulan Kitab Suci dan mendalami bahan yang disediakan.

Seperti biasa, komisi Kitab Suci Keuskupan Agung Semarang menyediakan bahan berupa gagasan pendukung dan bahan untuk pertemuan pendalaman Kitab Suci. Ada empat bahan yang disediakan, yang dapat didalami bersama dalam empat pekan. Dibuka kemungkinan bagi para pemandu dan peserta pendalaman Kitab Suci untuk mebuat kreasi yang tujuannya agar bahan pendalaman dapat dipahami dan direnungkan dengan lebih mudah dan mengena pada sasaran.

Tuhan memberkati

Berkah Dalem.

Yogyakarta, Juli 13

A. Hari Kustono, Pr

Ketua Komisi Kitab Suci

Keuskupan Agung Semarang

sumber: buku panduan Bulan Kitab Suci 2013, Keuskupan Agung Semarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s