Novena Kongres Ekaristi Keuskupan II ‘Pengantar’

SEBAGAI salah satu bentuk persiapan rohani untuk menyambut Kongres Ekaristi Keuskupan II (KEK II), Komisi Liturgi KAS mengajak seluruh umat untuk mengadakan novena. Novena Kongres Ekaristi ini diadakan di seluruh paroki se Keuskupan Agung Semarang mulai tanggal 22 April s/d 17 Juni 2012. Melalui novena ini, kita memohon berkat Tuhan yang berlimpah bagi umat beriman se KAS yang sedang mempersiapkan dan akan menyelenggarakan Kongres Ekaristi Keuskupan II KAS, tanggal 22 – 24 Juni 2012, di Ganjuran, Klodran, Gunung Sempu, dan Klepu.

Untuk mendukung pelaksanaan novena tersebut, Komisi Liturgi Keuskupan Agung Semarang menawarkan bahan Novena Kongres Ekaristi ini untuk dipergunakan sebagai acuan dan inspirasi bagi Tim-tim Liturgi Paroki se KAS dalam mempersiapkan Misa Novena Kongres Ekaristi tersebut.

Cara pemakaian buku bahan Novena Kongres Ekaristi ini:

  1. Novena Kongres Ekaristi diadakan dalam seluruh Misa Kudus di Paroki, baik hari Sabtu maupun Minggu, dari tanggal 21/22 April s/d 16/17 Juni 2012.
  2. Misa Novena Kongres Ekaristi di paroki-paroki se KAS ini memiliki 9 buah tema yang menjabarkan tema umum Kongres Ekaristi Keuskupan II KAS: ”Tinggal dalam Kristus dan Berbuah”.
  3. Misa Novena Kongres Ekaristi di paroki-paroki tersebut tetap menggunakan bacaan-bacaan sesuai penanggalan liturgi hari-hari Minggu selama Novena Kongres Ekaristi.
  4. Dari rumus umum Misa mingguan, pada Misa Novena Kongres Ekaristi di paroki-paroki tersebut,
  5. a.    Yang diubah hanyalah: Pengantar, Doa Pembuka, Doa Persiapan Persembahan, dan Doa Sesudah Komunib.
    b.    Yang ditambahkan ialah Doa Resmi Kongres Ekaristi Keuskupan II KAS yang diletakkan pada bagian Madah Pujian atau saat  sebelum Doa Sesudah Komuni.
    Catatan: penyesuaian untuk bagian pengantar, dan doa-doa presidensial itu (Doa Pembuka, Doa Persiapan Persembahan, dan Doa Sesudah Komuni) sangat dimungkinkan!
    Tim-tim Liturgi diharapkan terlibat aktif untuk memilih lagu-lagu untuk Misa Novena ini sendiri. Penambahan atau penyesuaian bagian-bagian lain sejauh diperbolehkan oleh norma liturgi Gereja sangat disarankan!
  6. Pada bagian akhir setiap tema novena disediakan Bahan Bacaan yang bisa digunakan oleh Tim Liturgi Paroki memperdalam tema dan latar belakang temanya; dan kalau mau, Bahan Bacaan juga dapat menjadi inspirasi bagi para penghomili ataupun untuk renungan pada akhir buku panduan Misa!

Sumber: http://kas.or.id/?menu=3&submenu=22&id=499&action=Read

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s