3 Cobaan Utama dari Iblis untuk Kehidupan Manusia

Dalam setiap kehidupan manusia pastilah mengalami cobaan-cobaan yang beragam, baik yang mudah untuk kita atasi dan juga cobaan yang sulit. Cobaanpun juga ada yang berasal dari akibat tindakan kita sendiri atau alam (disebut dengan musibah) dan juga cobaan yang berasal dari iblis yang dapat menghasilkan cobaan lebih berat apabila kita menurutinya. Untuk cobaan yang di sebut musibah sendiri, sebetulnya itu membuat kita untuk lebih bangkit dari keadaan kita semula. Namun, untuk cobaan yang dari iblis, cobaan tersebut justru semakin menjatuhkan kita dan menjauhkan kita dari hubungan antara kita dan Tuhan. dan itulah tujuan dari iblis untuk mencobai kita, yaitu membuat kita untuk menduakan Allah dan menjauhkan dari jalan-Nya.

Lantas, apa sajakah cobaan iblis yang dapat menjauhkan diri kita terhadap Allah? Cobaan tersebbut ada banyak, tetapi secara garis besar kita dapat mengelompokkan menjadi 3 cobaan besar. Ketiga cobaan tersebut dapatlah kita lihat dalam injil Matius 4:1 – 11. Disana diceritakan bahwa pada saat Yesus berpuasa selama 40 hari 40 malam, iblis mulai mencobai Yesus. Cobaan pertama adalah mengubah batu menjadi roti, hal tersebut dilakukan iblis karena ia tahu bahwa Yesus sedang sangat lapar saat itu. Setelah tidak berhasil pada cobaan pertama, iblis lalu melancarkan cobaan kedua pada Yesus, yaitu tentang sebuah kehormatan. Cobaan ini dilakukan iblis dengan cara meminta Yesus untuk melompat dari atap Bait Allah, dan karena Dia anak Allah maka para malaikat akan berada dibawah kaki-Nya untuk menopang. Namun Yesus menolak itu, karena dengan kehormatan tidaklah dapat diraih dengan menuruti kemauan iblis. Kemudian cobaan ketiga pun ditawarkan, yaitu dengan menyembah iblis maka Yesus akan mendapat kekuasaan seluruh dunia. Hal ini juga Yesus tolak dengan tegas, karena dengan menyembah iblis berarti menduakan Allah.

Dari kisah diatas, maka kitapun dapat mengambil 3 hal utama yang selalu ditawarkan iblis dalam mencobai kita untuk jauh dari Allah. Ketiga cobaan utama yang selalu iblis lancarkan kepada kita adalah:

  1. Kebutuhan Pokok, sering kali kita mengambil jalan pintas untuk meraihnya karena ketergantungan manusia akan hal itu. Tentu saja ini menjadi celah mudah bagi iblis untuk selalu membujuki kita dalam mendapatkan apa yang menjadi ketergantungan manusia pada umumnya.
  2. Kehormatan, banyak orang yang begitu meninggikan kehormatan mereka hingga terkadang bertindak diluar batas akal sehat untuk tetap menjaga kehormatan itu. Dan akan menjadi tidak tepat jika kita menjaga kehormatan kita dengan efek semakin menjauhkan diri kita terhadap kehendak Allah dan juga rasa kemanusiaan dan kepeduliaan terhadap sesama yang mebutuhkan. Itulah mengapa iblis dengan mudah memakai kehormatan untuk mencobai kita.
  3. Kekuasaan akan Dunia, hal ketiga ini sangatlah mudah kita ketahui bahwa ini merupakan cobaan dari iblis, tapi hal ini pula yang sering kali ingin untuk kita raih. Hal itu karena terkadang kita sering berpikir bahwa uang adalah segalanya, berpikir bahwa hidup ini hanya sekali dan harus dinikmati. Namun, sesungguhnya kita juga sadar bahwa itu semua tidaklah berlaku jika kita telah berada dialam baka, dan anehnya dengan kesadaran itu kita masih tetap untuk jatuh dalam cobaan yang ketiga ini. Dengan selalu ingin untuk menguasai hal-hal dunia, maka secara tidak langsung kita akan menaruh hati akan hal-hal duniawi yang membuat kita untuk menduakan Allah.

Ketiga hal tersebut sangatlah sederhana namun juga sangat sulit untuk menghindarinya. Terlebih dalam mencobai manusia iblis tidaklah pernah berkata kepada manusia untuk membenci Tuhan, tapi ia berusaha agar manusia menduakan Tuhan dengan menyembah iblis itu sendiri. Puasa, adalah suatu proses dalam kehidupan untuk mengenali diri lebih dalam apakah telah sejalan dengan kehendak Tuhan, apakah telah menolak segala cobaan iblis, apakah telah selalu bersyukur kepada Tuhan atau belum. Maka dengan puasa selama masa prapaska ini kita dapat semakin belajar untuk bertindak dan bersikap yang dekat kepada kehendak Allah. Serta semoga dapat menolak segala cobaan-cobaan iblis yang selalu hadir di sekitar kita.

Selamat menjalani masa Pra-paska,

Berkat Tuhan.

 

 

Yulius Radian G. H.

2 pemikiran pada “3 Cobaan Utama dari Iblis untuk Kehidupan Manusia

  1. tuhan bawa lah aku kehadapan mu aku bersujud di depan mu hanya tuhan yang tau hidup ku segala dosa ku kepada keluarga dan teman istri anak ku terlebih untukmu bapa …..jama lah aku bapa hanya engkau yang punya kerajaan di bumi ini dan di surga …jauh kan aku dari cobaan iblis limpahkan kesehatan bagi mama ku ..dan keluarga ku yang punya masalah amen amen amen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s