NATAL DESEMBER ATAU JUNI

 

Akhir-akhir ini dapat ditemui beberapa artikel yang menunjukkan adanya pro dan kontra mengenai Natal itu kapan. Seperti apa yang sudah kita alami, bahwa biasanya Natal kita rayakan pada bulan Desember. Namun, beberapa waktu atau mungkin tahun yang lau para Ilmuwan astronomi menyatakan bahwa mereka telah mengetahui kapan bintang yang menuntun ketiga orang Majus dalam menjenguk Yesus itu muncul. Menurut hasil yang di dapat, bintang tersebut muncul sekitar bulan Juni 2 tahun sebelum masehi. Sehingga mereka berpendapat bahwa Yesus di lahirkan sekitar bulan Juni, 2 tahun sebelum masehi.

Tidak hanya secara astronomi saja hipotesa tersebut muncul, akan tetapi jika kita menelaah dan melogikakan kisah yang berada di Alkitab dengan kurun waktu yang ada, maka akan muncul hipotesa yang sama.  Berikut adalah pemikiran yang saya temui jika mensejajarkan antara kisah dalam Alkitab dan juga kurun waktu yang berlangsung:

  1. Zakaria diberi kabar oleh malaikat tentang kelahiran Yohanes Pembaptis ketika sedang mempersiapkan ritual di Bait Allah, dan juga ketika banyak orang yang berkumpul di Bait Allah. Sedangkan kita tahu bahwa bagian luar Bait Allah banyak orang dan Zakaria sedang bertugas itu setelah Paskah orang Yahudi. Paskah orang Yahudi tersebut sekitar bulan April.
  2. Maria, Bunda Yesus, di beri kabar oleh malaikat Gabriel sekitar bulan ke enam  atau selama  5 bulan Elisabeth mengandung Yohanes Pembaptis. Maka kita dapat mengetahui bahwa Maria dikunjungi oleh Malaikat Gabriel sekitar bulan September.
  3. Kemudian seperti lazimnya seorang wanita yang mengandung, yaitu sekitar 9 bulan lamanya, maka kita dapat memperkirakan bahwa Yesus di lahirkan oleh Ibunya, Maria, sekitar bulan Juni.

 

Kemudian mengapa selama ini kita merayakan Natal pada bulan Desember tepatnya tanggal 25? Sesungguhnya perayaan Natal yang dirayakan pada tanggal 25 Desember tersebut belumlah lama di tetapkan. Perayaan tersebut di tetapkan kira-kira pada jaman Kaisar Konstantin, Kaisar Romawi sekitar tahun 300 masehi. Beliau mengambil tanggal 25 karena beliau menginkulturasi kebudayaan bangsanya yang menyembah Dewa Matahari.

Sebelumnya setiap bulan Desember, bumi Eropa di liputi oleh musim dingin, oleh sebab itu penduduk setempat atau bangsa setempat melakukan perayaan menyembah Dewa Matahari yang akan dating untuk memberikan kehangatan dan kesuburan serta kesejahteraan yang ada. Itu karena mereka menganggap musim semi dan juga musim panas merupakan musim yang sejahtera bagi mereka dan itu berkat adanya matahari yang timbul.

Kemudian ketika Kaisar Konstantin menjadi Nasrani, beliau merubah kebiasaan tersebut. Bukan lagi untuk merayakan kedatangan Dewa Matahari tetapi untuk merayakan kedatangan Mesias, Yesus Kristus. Namun, tujuan dari perayaan tersebut masihlah sama yanitu agar mereka mendapatkan suatu kesejahteraan yang lebih dibanding tahun sebelumnya. Dan juga berharap kesejahteraan tersebut berasala dari Yesus Kristus.

Mungkin sekarang kita bertanya, apakah sebaiknya kita meninggalkan kebiasaan Natal pada bulan Desember dan beralih ke bulan Juni? Jawabannya tidak perlu. Karena sesungguhnya iman kita bukanlah dimana kita merayakan sesuatu, namun iman kita itu dimana kita mengenang sesuatu. Walaupun Natal tetap di bulan Desember, namun iman kita tetaplah mengenang akan kelahiran sang mesias, Putra Bapa yang turun menjelma ke Bumi untuk menebus dosa manusia dan wafat di salibkan saat paskah. Bukanlah iman akan kelahiran Yesus yang dirayakan secara meriah dan mewah.

Oleh sebab itu, disini saya berharap agar pro dan kontra mengenai tanggal natal yang sesungguhnya tidaklah menjadikan iman kita (orang nasrani) goyah. Hal itu dikarenakan bahwa iman sesungguhnya bukan hanya tertuju akan kelahirannya, akan tetapi tertuju pada misteri iman yaitu wafat, kebangkitan dan kedatangan. Sehingga kurang tepat jika iman kita goyah karena natal.

 

Yogyakarta, 24 Desember 2010

 

4 pemikiran pada “NATAL DESEMBER ATAU JUNI

  1. Alkitab memang tak prnh mencatat ttg kpan yesus lahir, sebab saat ini yang pntng bukan kpan ia lahir, tp bagaimana peran Yesus dlm khidupan stiap manusia di dunia ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s